Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang tersebar di 13 Tempat Pemungutan Suara (TPS), mulai Tanggal 16 April 2019 sibuk mempersiapkan TPS yang akan mereka tempati pada tanggal 17 April 2019. Mereka mulai memasang berbagai macam hiasan untuk memperindah dan membuat TPSĀ  senyaman mungkin, supaya para pengguna hak pilih serta para petugas pemilihan umum merasa nyaman.

Pagi hari di tanggal 17 April 2019, tepatnya pada puncak pesta demokrasi 5 tahunan ini, para anggota KPPS terlihat sangat siap untuk melakukan tugasnya di masing-masing TPS. Jam 06.00 meraka sudah bersiap di TPS untuk menanti pembagian Logistik Pemilu (Alat Perlengkapan Pemilihan Umum) yang di bagikan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) ke TPS-TPS yang telah di tentukan.

Setelah mendapatakan Logistik Pemilu anggota KPPS beserta Linmas dan Saksi melakukan upacara pembukaan dan pengambilan sumpah KPPS.

Pemungutan suara di TPS dimulai pada pukul 08.00 – 13.00. Penghitungan suara mulai pukul 13.00-22.00, ada 5 jenis surat suara yang harus di hitung oleh petugas KPPS yaitu, surat suara calon Presiden dan Wakil Presiden, calon Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI), calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD), calon Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi (DPRD-Provinsi), dan calon Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota (DPRD-KAB/KOTA)

Setelah penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara selesai, maka KPPS menyerahkan data tersebut kepada PPS untuk di bawa ke Balai Desa dan selanjutnya diserahkan kepada petugas di Kecamatan.

Pemilu tahun 2019 di Desa Domasa pada tanggal 17 April 2019 dapat dikatakan sukses karena tidak ada suatu halangan atau gangguan yang serius dan berjalan lancar hingga proses pemeriksaan di Kecamatan. Ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya diucapkan kepada seluruh unsur-unsur yang terlibat dalam mensukseskan Pemilu tahun 2019, dan kepada seluruh masyarakat desa Domasan yang telah antusias mengikuti Pemilu di Desa Domasan tahun 2019 dengan sangat kompak.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?