Domasan, 30 Desember 2020. LINMAS (Perlindungan Masyarakat) merupakan petugas keamanan tingkat desa, mempunyai peran penting untuk menjaga keamanan lingkungan desa.

Pembukaan Seleksi Calon LINMAS Desa Domasan

Pengertian Satuan Perlindungan Masyarakat dapat ditemukan pada Peraturan menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2009 tentang Penugasan Satuan Perlindungan Masyarakat Dalam Penanganan Ketenteraman, Ketertiban, Dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum pada pasal 1 butir 1 yaitu : Satuan Perlindungan Masyarakat yang selanjutnya disebut Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan.

Anggota LINMAS desa Domasan di tahun 2020 sudah banyak yang berusia lebih dari 60 tahun, pemerintah desa berkoordinasi dengan seluruh lembaga yang ada di desa, melakukan musyawarah dan menyepakati bahwa akan dilakukan perekrutan sebanyak 9 anggota LINMAS baru di desa Domasan untuk menggantikan anggota LINMAS yang berusia lebih dari 60 tahun, hal ini dilakukan untuk meningkatkan performa dana kwalitas LINMAS di desa Domasan.

Perekrutan anggota LINMAS diawali dengan peyebaran informasi kepada warga masyarakat desa Domasan, bagi warga yang berminat mendaftarkan diri menjadi LINMAS harus melengkapi administrasi dan mengisi formulir yang telah disediakan panitia mulai tanggal 23-25 Desember 2020. Dari Hasil Seleksi Administrasi LINMAS sebanyak 16 orang lolos untuk melanjutkan seleksi tahap selanjutnya atau final, yaitu wawancara dan kesamaptaan jasmani rohani pada tanggal 28 Desember 2020, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

Seleksi Final Oleh BABINSA Desa Domasan

Hasil dari seleksi final perekrutan LINMAS mendapatkat 9 orang terpilih untuk bergabung di Satuan Linmas desa Domasan di tahun 2021, hasil seleksi Final bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat. Maka dengan munculnya hasil tersebut, pemerintah desa Domasan sangat berharap kepada anggota LINMAS baru dapat menjadi semangat baru serta kedepannya LINMAS desa Domasan lebih maju dan kompak.

 

 

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?