Domasan – 20 Agustus 2019, Flushing Sungai Desa Domasan dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2019, flushing atau Pladu di lakukan di Bendung Kedung Lele yang ada di area persawahan Sendung desa Domasan, flushing dilakukan pada pukul 08.00 WIB yang di lakukan oleh petugas HIPA ( Himpunan Petani Pemakai Air ) desa Domasan.

Tujuan dilakukannya flushing adalah untuk mengurangi debit air di area persawahan Sendung, karena Padi yang mulai tua dan segera dipanen, sehingga dengan berkurangnya air di area persawahan akan memudahkan petani dalam proses pemanenan. Selain itu, flushing juga berfungsi untuk mengurangi endapan sedimen lumpur dan tumpukan tumbuhan liar di sungai yang menumpuk selama masa pembendungan air.

Masyarakat dalam kesempatan ini juga banyak yang turut datang ke sungai untuk mencari ikan yang terbawa arus sungai, sudah menjadi tradisi ketika ada kegiatan flushing, maka masyarakat khususnya yang suka mencari ikan akan berbondong-bondong membawa alat penangkap ikan yang mereka miliki ke sungai, tidak hanya masyarakat desa Domasan saja namun, masyarakat luar desa Domasan juga banyak yang ikut serta mencari ikan, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, laki-laki dan perempuan semua ikut serta untuk turun ke sungai mencari ikan. Namun, sudah menjadi peraturan di desa Domasan bahwa tidak boleh mencari ikan dengan menggunakan alat Setrum dan Obat yang membahayakan ekosistem air.

 

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?