Domasan, 24 September 2020. Mbah Nggono dan Karmi adalah pasangan yang bertempat tinggal di Desa Domasan, Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Mbah Nggono lahir pada tahun 1930, sedangkan istrinya, mbah Karmi lahir pada tahun 1940, tepatnya mereka sekarang berusia genap 90 dan 80 tahun.

Mbah Nggono diusia tuanya masih senantiasa setia merawat dan menemani istrinya di rumah kecil milik mereka berdua, mabah Karmi saat ini hanya bisa melakukan semua aktifitasnya diatas tempat tidur dikarenakan, istri mabah Nggono tersebut sedang sakit. Mbah Karmi mengalami sakit Stroke sejak tahun 2011, awalnya beliau masih bisa berjalan dengan bepegangan dinding rumahnya, namun seiring bertambahnya usia, mbah Karmi tidak mampu lagi melakukan hal itu, beliau hanya bisa berbaring di tempat tidurnya.

Kerja Bakti Pemdes dan 3 Pilar Di Rumah Mbah Nggono Desa Domasan

Mbah Nggono dulu bekerja sebagai petani, namun di usianya yang sudah menginjak hampir 1 abad tersebut, tidak memungkinkan lagi untuk melakukan pekerjaan tersebut. Mbah Nggono sekarang hanya bisa berusaha menjaga dan merawat istrinya sebaik mungkin, kondisi kesehatan mbah Nggono sekarang yang tidak sebaik dulu juga membuat beliau sulit untuk berjalan, untuk berjalanpun mbah Nggono harus merambat berpegangan dinding rumahnya. Sedangakan untuk mendapatkan keperluan rumah tangganya, mbah Nggono dibantu oleh tetangganya yang dengan senang hati meluangakan waktu untuk mencarikan apa yang diperlukan oleh keluarga mbah Nggono.

Mengetahui adanya keluarga dalam kondisi yang sulit, Pemerintah Desa (Pemdes) Domasan berusaha melakukan pendampingan dan memberikan pelayanan terbaik untuk keluarga mbah Nggono. Keluarga mbah Nggono sudah tercatat sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam beberapa program pemerintah, yaitu sebagai KPM Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Kartu Indonesia Sehat (KIS). Keluarga mbah Nggono merupakan salah satu keluarga yang diutamakan oleh Pemerintah Desa Domasan.

Pemberian Bantuan Dari POLSEK Kalidawir Oleh BABIN KAMTIBMAS Desa Domasan

Tepatnya pada hari Sabtu tanggal 05 September 2020 pemerintah desa Domasan beserta 3 pilar, melakukan kerja bakti di rumah mbah Nggono, untuk menanta rumah dan pekarangan mbah Nggono. Selain itu, Pemdes juga memberikan bantuan fasilitas pompa air beserta kelengkapannya, disaat yang bersamaan pihak Kepolisian Sektor (POLSEK) Kalidawir juga memberikan peket bantuan yang di serahkan langsung oleh BABIN KAMTIBMAS desa Domasan, dan disaksikan oleh Pemdes Domasan.

Kunjungan Petugas Kesehatan Dari UPTD PUSKESMAS Tunggangri Kerumah Mbah Nggono

Selain dari pemdes, ada organisasi sosial yang ikut serta memberikan bantuan serta perhatian kepada keluarga mbah Nggono, Pemdes Domasan mengucapkan terimakasih kepada organisasi-organisasi sosial di luar desa Domasan yang telah ikut serta memperhatikan keluarga mbah Nggono.

Semoga keluarga mbah Nggono senantiasa diberikan kekuatan dan kemudahan dalam urusan rumah tangganya… Amiin…

 

 

 

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?

Tinggalkan Komentar

Komentar anda tidak akan dipublikasikan, jika formulir yang ditandai * tidak diisi.